Kamis, 17 November 2016

Nasi Goreng Jagung dan Wortel Ala Dapur Teh Cici


 

Berjumpa lagi di Dapur Teh Cici. Kali ini kita akan membuat nasi goreng. Tapi bukan nasi goreng biasa. Karena selain dimasak dengan penuh cinta, nasi goreng ini juga lengkap dengan sayuran. Saya menamakan masakan ini Nasi Goreng Jagung dan Wortel.

Nasi goreng ini saya sajikan untuk anak-anak didik saya di Kelompok Bermain Ma'had Islam. Cocok untuk anak-anak karena kandungan gizinya insyaAllah lengkap. Mulai dari karbohidrat yang berasal dari nasi, protein hewani dari telur dadar, dan tentu saja serat dan vitamin dari wortel dan jagung.

Penasaran??? Yuk kita buat!

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Nasi (kali ini saya memasak dari 3/4 kg beras)
  • 1/4 kg Wortel, dikupas dan dipotong dadu.
  • 2 buah jagung manis diserut kasar
Bumbu-bumbu yang harus disiapkan:
  • 6 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • Kecap manis
  • Mentega secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
Toping pelengkap:
  • Telur dadar yang diiris tipis (saya membuatnya dari 4 butir telur ayam).
Cara Membuat:
  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  2. Panaskan mentega, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
  3. Masukkan wortel dan jagung manis, tumis bersama bumbu, tambahkan air secukupnya (ingat... secukupnya ya, jangan banyak-banyak).
  4. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Setelah tumisan matang dan kering (kandungan airnya telah habis), masukan nasi, tambahkan kecap manis aduk terus hingga rata.
  5. Jangan lupa untuk dicicipi ya. Jika kurang asin, garam bisa ditambahkan.
  6. Daaan... nasi goreng jagung dan wortel siap untuk dihidang. Jangan lupa untuk menambahkan telur dadar diatasnya.
  7. Selamat menikmati...
Nasi goreng siap dihidangkan
nyam...nyam...
Oya, sekedar saran. Resep diatas saya buat untuk anak-anak kelompok bermain. Jadi rasa disesuaikan dengan mereka. 

Buat teman-teman yang suka rasa pedas juga bisa ditambahkan merica bubuk atau sambal botolan. Begitu pula dengan sayurannya. Bisa ditambahkan kacang polong atau irisan buncis. Jadi semakin berwarna nasi gorengnnya.

Semoga bermanfaat...

Sabtu, 12 November 2016

Perpanjangan STNK


Bagi saya, memasuki bulan November berarti waktunya memperpanjang STNK. Alhamdulillah, disela-sela kesibukan sekolah yang padat menjelang Peringatan Hari Jadi Perguruan tempat saya mengabdi, saya masih dapat melaksanakan kewajiban saya tersebut. 

Perpanjangan STNK ini saya lakukan di Samsat Cepat/ Samsat Drive Thru Kota Pekalongan yang berada di jalan Pemuda no. 50. Bersebelahan dengan Masjid Asyuhada Pekalongan..
Persyaratan dan jam pelayanan Samsat Cepat
Bagi teman-teman yang akan memperpanjang STNK, syaratnya gampang banget. Berkas yang harus disiapkan yaitu:
  • BPKB asli
  • STNK asli
  • KTP asli
Semua berkas ditumpuk jadi satu, lalu dikumpulkan di loket. Tunggu sebentar, setelah itu nama kita akan dipanggil. Kita akan diberitahu berapa nominal biaya yang harus dibayar. Usahakan membayar dengan uang pas ya. 

Oya, biaya yang kita keluarkan sama persis dengan yang tertera di STNK. tidak lebih tidak kurang. Jadi... semua transparan dan no pungli hehehe...

Setelah membayar, semua berkas yang kita kumpulkan tadi akan dikembalikan kepada kita plus STNK yang baru.
Proses perpanjangan STNK SELESAI!!!
Samsat Cepat Kota Pekalongan
Nominal yang dibayar sama dengan yang tertera di STNK
Saya tidak menyangka perpanjangan STNK saya kali ini sangat cepat. Tidak sampai sepuluh menit lho. Selain berkat rahmat dan kasih sayang Allah, mungkin juga karena saya datang di pertengahan minggu (hari Kamis) dan waktunya pun tidak terlalu pagi dan tidak terlalu siang (sekitar jam setengah sebelas).

Nah, bagi teman-teman yang STNK nya hampir habis, ayo jangan lupa segera diurus ya. 

Jadwal Pelayanan Samsat Cepat Kota Pekalongan:
  • Senin - Kamis jam 08.00 s/d 14.00 istirahat jam 12.00 s/d 13.00
  • Jum'at jam 08.00 s/d 14.00 istirahat jam 11.30 s/d 13.00
  • Sabtu jam 08.00 s/d  12.00 tanpa istirahat
  • Minggu dan hari besar lainnya tutup

Semoga bermanfaat.

Kamis, 03 November 2016

Tempe Krispy Kriuk-Kriuk Ala Dapur Teh Cici



Berjumpa lagi di dapur Teh Cici. Menu yang akan kita buat kali ini adalah tempe krispy kriuk-kriuk. Ide awalnya adalah ingin mengenalkan anak-anak di sekolah tentang ragam makanan. Termasuk di dalamnya tempe. 

Namun, terkadang anak kurang berselera jika tempe hanya digoreng seperti bisa. Jadi, kita buat varian tempe yang lain dari pada yang lain yaitu tempe krispy kriuk-kriuk. Menu yang sederhana namun rasanya yummy. Ukuran potongan tempe pun disesuaikan dengan anak-anak. Sekali hap tinggal dikunyah. hehehe...

Yuk kita buat!

Bahan-bahan yang kita perlukan:
  1. Tempe (saya pakai 1/2 papan tempe)
  2. Tepung bumbu serba guna (saya menggunakan yang kemasan 250 gr)
  3. Air secukupnya untuk membuat adonan basah
  4. Minyak goreng
Cara membuat:
  1. Potong tempe berbentuk dadu. Ngga ada ukuran bakunya tapi ya kira-kira 2,5 cm X 2,5 cm. 
  2. Kita buat adonan basah nya dulu: Ambil mangkok atau baskom, letakkan kurang-lebih 3 sendok makan muncung tepung serba guna. Tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga tercampur rata. Adonan tepung ini tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental. Yaaaahhh mirip-mirip adonan tepung pisang goreng.
  3. Masukkan potongan tempe kedalam adonan basah. Aduk-aduk hingga semua potongan tempe terlumuri adonan basah. Diamkan sesaat.
  4. Selanjutnyan kita siapkan adonan keringnya: siapkan baskom, masukkan sisa tepung serba guna kedalamnya. 
  5. Ambil potongan tempe yang tadi di rendam adonan basah. Aduk-aduk hingga tempe benar-benar terselimuti tepung. Oya, supaya tepung benar-benar menutupi tempe, saya tidak mengaduk menggunakan sendok. Tapi saya guncang-guncang baskom yang berisi tempe dan tepung. Mirip-mirip gerakan mengayak tepung. Pastikan potongan tempe yang satu dengan potongan tempe yang lainnya tidak menempel.
  6. Panaskan minyak, goreng tempe hingga kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
  7. Tempe krispy kriuk-kriuk siap dihidangkan. Paling nikmat disantap dalam keadaan hangat.


Selamat mencoba...

Rabu, 26 Oktober 2016

Tutorial Origami Mahkota Unik


Hai...hai... Masih ada hubungannya dengan postingan saya sebelumnya yang berjudul "HUT HIMPAUDI ke 11". Terutama dengan Gank LCC Kader Sadar Himpaudi. Itu lho, hiasan kepala imut yang saya buat.

Cerita punya cerita, awalnya saya agak-agak hectic saat Bu Hikmah, teman satu gank saya memberitahu kalau setiap regu peserta LCC harus mengenakan aksesoris untuk kekompakan regu. Informasi itu sampai ke saya malam hari, sedangkan lomba LCC nya besok pagi.

Langsung deh ngubek-ngubek isi lemari buku. Kain flanel ada, pita ada, renda ada. Yang terbayang pertama kali adalah membuat bros atau mungkin headpiece. Namun akhirnya saya urungkan. Ah, waktunya ngga cukup. Bisa-bisa saya begadang untuk membuatnya. Padahal saya masih harus membaca AD/ART Himpaudi.

Cling...cling... saya keingetan sesuatu, yaitu salah satu foto Bu Maya Hirai di FB. Yups, beliau berfoto dengan hiasan unik di kepalanya. Dan itu adalah origami berbentuk mahkota.

Cusss... langsung googling dengan kalimat "tutorial origami paper crown". Taraaa.... banyak banget contoh origami paper crown-nya. Yang lebih membahagiakannya lagi, ternyata cara membuatnya gampang dan cepat. Jadi saya kan ngga harus begadang hehehe...

Udah nemu caranya, lalu cari stok kertas lipatnya. Alhamdulillah masih ada. Dan akhirnya, ngga sampai setengah jam, lima buah origami paper crown-nya sudah terbuat.
Yeay... Gank LCC dan Mahkota cantik hehehe...

Penasaran??? Let's check this out! Bismillah.

Bahan dan alat yang diperlukan:
  • 7 lembar kertas lipat  (ukuran kertas dan jumlah kertas bisa disesuaikan dengan ukuran kepala).
  • Isolasi

Cara membuat:
1. Ambil satu kertas lipat.
Bagian depan
Bagian belakang
2. Lipat jadi dua membentuk bentuk persegi panjang.

3. Lipat lagi menjadi dua, hingga membentuk persegi.

4. Buka kertas lipat. Akan terlihat garis vertikal dan horisontal (ssttt.... garis biru putus-putus ini hanya untuk membantu memperjelas saja).

5. Lipat salah satu sudut kertas lipat. Letakkan sudutnya di tengah-tengah garis perpotongan antara garis vertikal dan horisontal. Lakukan pada sudut kertas yang satunya lagi. Hingga seperti bentuk rumah hehehe....

6. Lipat kertas bagian bawah secara horisontal hingga tepian kertas berada di tengah kertas. Gosok-gosok, lalu lipat sekali lagi.



7. Lakukan pada semua kertas lipat.
Tampak depan
Tampak belakang
8. Ambil satu kertas, buka salah satu sisinya. Lalu ambil satu kertas yang lainnya, masukkan ke dalam salah satu sisi yang terbuka.

9. Ambil isolasi, rekatkan pada sisi-sisi kertas yang saling bertumpuk. Tujuannya agar kertas yang satu dengan yang lainnya menempel erat dan tidak bergeser saat di pakai nanti.

10. Lakukan hal yang sama pada kertas yang lainnya. Hingga semua kertas tersusun lapi memanjang.

11. Buka salah satu sisi bagian bawah kertas. Masukkan salah satu sisi kertas ke sisi kertas yang terbuka. Hingga menyatu dan dapat membentuk sebuah mahkota. Lalu isolasi agar menempel erat.

12. Alhamdulillah... Origami paper crown sudah jadi.


Saatnya mencoba
Terima kasih Bu Maya Hirai untuk inspirasinya.
Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai berjumpa di postingan selanjutnya....


Kamis, 20 Oktober 2016

HUT Himpaudi ke 11


Himpaudi... Himpaudi Jayaaaaaa....
Yeay... Himpaudi merayakan hari jadinya yang 11. Di Kota Pekalongan, puncak perayaannya memang agak sedikit terlambat dibandingkan dengan kota-kota yang lainnya dikarenakan satu dan lain hal. Namun, tidak mengurangi kehidmatannya.

Untuk memperingati HUT Himpaudi yang kesebelas, perayaannya terbagi menjadi dua sessi.

1.  Sessi yang pertama yaitu pada hari Rabu, 31 Agustus 2016. 

Kegiatan yang dilaksanakan adalah jalan sehat sore bersama seluruh pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini se-kota Pekalongan. Dari Kecamatan Pekalongan Timur, Pekalongan Barat, Pekalongan Utara dan selatan semua berkumpul, lengkap dengan dresscode yang sudah ditentukan yaitu bawahan hitam, kaos putih dan kerudung biru muda.

Jam setengah empat sore, semua pendidik berkumpul di SMK Syafi'i Akrom Pekalongan. Rangkaian acara meliputi:
  • Jalan sehat
  • Sambutan-sambutan 
  • Pembacaan sambutan dari Ketua Umum Himpaudi yang dibacakan oleh pengurus Himpaudi Provinsi Jawa Tengah
  • Pengumuman Juara Lomba RPPH Gernas Manjur
Istirahat setelah jalan sehat
Alhamdulillah KB Ma'had dapat piala
Alhamdulillah, untuk Lomba RPPH Gernas Manjur sekolah kami "Kelompok Bermain Ma'had Islam" merupakan salah satu peserta terbaik RPPH Gernas Manjur tingkat Kota Pekalongan.

2. Sessi yang kedua yaitu pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016 bertempat di Lapangan Mataram Kota Pekalongan.

Daaaannn hari ini adalah puncak Perayaan HUT Himpaudi yang ke 11. Yuk kita simak semarak rangkaian kegiatan hari ini.
  • Pembukaan
  • Sambutan-sambutan
  • Pembacaan doa
  • Pelepasan Balon
  • Senam bersama Senam Kumbi, Senam Gemari dan Senam Sehat Gembira.
  • Lomba-lomba
Untuk jenis lomba yang diperlombakan adalah lomba senam gemu famire, lomba cerdas cermat kader sadar himpaudi, lomba balap bakiak, lomba enggrang, lomba holahop, lomba estafet bambu. 

Temans, pada beberapa lomba, kami benar-benar harus berlatih ekstra. Terutama teman-teman yang mengikuti lomba senam gemu famire. Kurang lebih satu bulan waktu yang kami miliki untuk berlatih.

Oya, setiap lomba yang kami ikuti bukan atas nama pribadi atau sekolah. Namun mewakili Himpaudi Kecamatan di mana sekolah kami berada.

Kota Pekalongan memiliki 4 Himpaudi Kecamatan, yaitu Himpaudi Kecamatan Pekalongan Timur, Himpaudi Kecamatan Pekalongan Barat, Himpaudi Kecamatan Pekalongan Utara dan Himpaudi Kecamatan Pekalongan Selatan. Daaaann... Sekolah saya berada di bawah naungan Himpaudi Kecamatan Pekalongan Timur.

Kembali ke Puncak Perayaan HUT Himpaudi, setelah acara pembukaan dan sambutan-sambutan, acara selanjutnya adalah pelepasan balon udara.
Foto diambil dari foto sampul FB nya Arif Sulistiono disini
Setelah pelepasan balon udara, senam masal pun dimulai. Senam Kumbi, Senam Gemari dan Senam Sehat Gembira. Semua pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini mengikuti senam, termasuk para tamu undangan.

Dan surprise-nya lagi adalah panitia telah menyiapkan hadiah untuk 11 pendidik yang sangat semangat dalam bersenam. Ternyata salah seorang guru saya yaitu Ustadz Mahbub terpilih dan mendapat kalungan kerupuk usek. Stttt... saat diatas panggung dia satu-satunya pendidik laki-laki yang terpilih lho hehehe.... Selamat Ustadz, good job.
Hore... Ustadz bersiap menerima hadiah
Acara seremoni telah usai. Saatnya kita berlomba....
Semua lomba digelar serentak kecuali lomba Cerdas Cermat kader sadar himpaudi. Untuk lomba senam gemu famire diikuti oleh 8 grup termasuk 2 grup dari Himpaudi Kecamatan Pekalongan Timur. Dan, salah seorang guru saya, Ustadzah Yuni menjadi salah satu bagiannya.
Senam Gemu Famire Tim Mermed. Sumber foto disini
Namun sayangnya untuk lomba bakiak, lomba enggrang, lomba holahop dan lomba estafet bambu saya tidak memiliki dokumentasinya :(

Lomba terakhir adalah lomba cerdas cermat kader sadar himpaudi. Ada empat regu yang mewakili masing-masing Himpaudi Kecamatan. Satu regu terdiri dari 5 orang. Dan... ehem-ehem, saya ikut lomba yang ini.

Mewakili Himpaudi Kecamatan Pekalongan Timur, regu saya terdiri dari Bu Hikmah, Bu Husna, Bu Irna, Bu Neni dan saya sebagai juru bicara.

Oya, selain mempelajari beberapa materi yang telah ditentukan, setiap regu juga harus menampilkan yel-yel dan memakai aksesoris pendukung yang unik.
Regu D formasi lengkap dengan hiasan kepala uniq
Lomba cerdas cermat terbagi menjadi 3 babak, yaitu babak pertanyaan wajib terdiri dari 5 pertanyaan. Babak lemparan terdiri dari 5 pertanyaan dan babak rebutan terdiri dari 10 pertanyaan. Jika jawaban kita salah pada babak rebutan ini, nilai kita akan dikurangi 100.

Alhamdulillah hingga babak rebutan berakhir regu kami, regu D berhasil meraih juara ke dua.
Perolehan nilai lomba cerdas cermat
Usai lomba cerdas cermat, tibalah acara yang dinanti-nantikan. Yaitu mengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah. Untuk Himpaudi Kecamatan Pekalongan Timur, lomba-lomba yang dimenangkan yaitu:
  • Lomba Senam Gemu Famire mendapat Juara 1 dan 3
  • Lomba Cerdas Cermat Kader Sadar Himpaudi Juara 2
  • Lomba Balap Bakiak Juara 2
  • Lomba Balap Enggrang Juara 3
  • Lomba Estafet Bambu Juara 3
Bersyukur disetiap lomba yang dipertandingkan, ada saja perwakilan dari Himpaudi Kecamatan Pekalongan Timur yang masuk menjadi juara. Dan lebih bersyukur lagi, karena 4 orang perwakilan guru dari Kelompok Bermain Ma'had Islam 3 orang diantaranya dapat naik panggung utk menerima hadiah. Alhamdulillah.
Penyerahan Piala Juara 2 Lomba Cerdas Cermat
Tim LCC beserta piala
Sampai jumpa di HUT Himpaudi tahun depan yaaaaa....

Kamis, 13 Oktober 2016

Tempat-Tempat Yang Ingin Saya Kunjungi


Pada dasarnya, saya termasuk orang yang senang jalan-jalan dan berlibur. Mungkin hal tersebut terpengaruh karena dari kecil saya sudah terbiasa pindah-pindah dari satu kota ke kota yang lainnya. Pindah karena ikut ayah saya yang sering dimutasi ke luar kota.

Bahkan, ketika ayah saya dinas di kota Padang, saya ingat betul setiap akhir pekan kami selalu jalan-jalan. Baik itu jalan-jalan seputaran kota Padang maupun luar kota, ke Bukit Tinggi, Solok, Batu Sangkar dll.

Itu dulu, jaman kanak-kanak dan jaman masih sekolah. Sekarang, rasanya mau jalan-jalan aja sulit. Sulit yang dibuat sendiri hehehe... Males jalan-jalan sendiri lah... ngga ada waktu lah... kerjaan numpuk lah... atau ngga ada biaya. Padahal kalau ada keinginan kuat pasti akan selalu ada jalan.

Akhir-akhir ini keinginan untuk travelling kembali "menyembul". Namun, lagi-lagi masih dalam angan-angan. But, it's oke saya buat daftar tempat-tempat yang ingin saya kunjungi dulu ah. Smoga satu-persatu dapat saya wujudkan. Amin...

Nah, inilah beberapa tempat yang ingin saya sambangi dalam hidup saya:
1. Saudi Arabia
sumber foto disini
Harus bisa datang mengunjungi negeri ini lagi. Selain Untuk menunaikan ibadah haji dan umroh tentunya, kita juga dapat menapaktilasi sejarah Perkembangan Islam. 

Alhamdulillah, tahun ini Allah memberi kenikmatan kepada saya untuk melaksanakan ibadah umroh. Namun, rasa rindu untuk bertemu dengan Baitullah tak pernah hilang. Berharap dapat mengunjungi Baitullah kembali untuk beribadah haji dan umroh. Berharap pula semoga dapat ke sana bersama pendamping hidup. Amin... 99x

Selain itu, masih banyak tempat yang ingin saya kunjungi di Saudi Arabia ini. Mekkah, Madinah, Jeddah, Riyadh. Mengunjungi masjid-masjid indah dan bersejarah serta beribadah di dalamnya. Dan masjid-masjid tersebut diantaranya: Masjid Bir Ali, Masjid Quba, Masjid Ji'ronah, Masjid Qiblatain, Masjid terapung, Masjid Jawatha, Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq, Masjid Umar Bin Khattab dll.

Mengunjungi museum-museum yang ada disana, menikmati panorama gurun pasir, mengunjungi Jabal Magnet, Jabal Uhud, Jabal Rahmah, Jabal Al Lawz, Gua Hira dan tempat-tempat yang lainnya. Dan satu hal lagi, saya ingin mencicipi aneka kuliner yang ada di sana. Original... asli makanan khas Timur Tengah.

2. Turki
sumber foto disini
Negara dengan beragam pesona. Terutama pesona peninggalan sejarah kegemilangan peradaban Islam. Ingin sekali pergi kesana. Mengunjungi Istana Topkapi, melihat benda-benda peninggalan Rasulullah, para sahabat bahkan peninggalan Nabi Musa, Ibrahim, Daud dan Yusuf. MasyaAllah...

Juga mengunjungi Masjid Biru, Masjid Sulaiman, Cappadokya, Galata Bridge, Hagia Sophia, kolam air panas Pamukalle. Dan.... masih banyak lagi.

Selain itu, ingin rasanya bisa menikmati kebab original dengan citarasa asli Turki, dondurma eskrim khas turki, baklava, pide atau pizza khas turki dan masih banyak lagi. Walau ngga tahu makanan itu bakal cocok di lidah saya atau ngga hehehe...

3. Jepang
sumber foto disini
Kalau ini sih dari jaman SD dulu udah pengen banged kesini. Awalnya dari nonton drama Jepang yang judulnya Rin Tachibana, Great Teacher Onizuka, film kartun Azuka Bunny. Selain itu, ada juga acara televisi yang saya suka sekali yaitu TV Champion dan Masquerade.

Selain drama dan film kartun,  berita tentang tempat wisata di Jepang yang tayang di televisi pun cukup menggoda saya. Waktu itu tentang Hakone dan Beppu daerah dengan sumber pemandian air panas. Udah deh, mulai saat itu saya jatuh hati dengan Jepang.

Kyoto, Osaka, Nara, Hakone dan Beppu adalah kota-kota yang ingin saya singgahi jika Allah menakdirkan saya bisa ke Jepang.

4. Korea Selatan
sumber foto disini
Ngga jauh beda dengan Jepang, kesukaan saya pada Korea Selatan berawal dari fideo klip nya Jang Nara yang berjudul "Sweet Dream". Ngga tau kenapa, dulu itu suka banged sama lagu dan video klipnya. Setelah itu, berlanjut deh ke drama Korea. Dan drama Korea pertama saya adalah My Love Patzzy. Ost- nya ya lagu  Sweet Dream itu tadi. Bintang utama perempuan nya juga Jang Nara hehehe....

Setelah itu, baru deh ke drama korea yang lainnya yaitu Winter Sonata. Aduh.... lokasi syuting drama ini keren banged tepatnya di Nami Island. Jadi envy banged pengen ke sana. 

Berlanjut ke drama selanjutnya yaitu Jewel In the Palace. Ini drama komplit banget. Ada unsur edukatifnya tentang makanan dan obat-obatan tradisional Korea Selatan. Melalui Drama ini pula saya jadi tahu baju tradisional korea yaitu hanbok (dan pengen banged bisa pakai hanbok). Menikmati drama ini seperti belajar sejarah Korea Selatan dengan cara yang menyenangkan hehehe...

Kalau bisa disimpulkan sih, saya pengen ke Korea Selatan salah satunya untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang pernah digunakan untuk syuting drama Korea. Nami Island, Jeju Island, Namsan Seoul Tower, Yang Dong Traditional Vilage daaaaaannnn masih banyak lagi.

5. Sumatera Barat
sumber foto disini
Pastinya pengen banged ke sini lagi. Masa-masa SMP, saya lalui di kota Padang. Jadi, ingin sekali kelak bisa jalan-jalan ke sini lagi. Sekalian bernostalgia. Sahabat, banyak tempat wisata yang bisa sahabat datangi jika berkunjung ke Sumatera Barat. Pantai Padang, Istana Pagaruyung, Danau Singkarak, Danau Maninjau, Kelok 44, Embun Pagi, Jam gadang, pasar atas bawah. Rasanya ingin kesana lagi.

6. Kota Bogor
sumber foto disini
Saya pengen banget bisa berkunjung ke kota Bogor selain untuk mencicipi kulinernya yang beragam seperti asinan Bogor, roti unyil, apple pie, makaroni panggang, toge goreng, laksa, saya juga ingin mengunjungi beberapa tempat wisata yang sangat populer di Bogor. Diantaranya air terjun Bidadari, Taman Safari, Taman Wisata Mekarsari, Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor.

7. Kota Malang
sumber foto disini
Museum Angkut, Jatim Park 1, Jatim Park 2, Alun-Alun kota Malang Dan Alun-alun Kota Batu, Eco Green Park adalah deretan tempat-tempat yang ingin saya datangi. Sedangkan untuk kulinernya, pengen banget mencicipi Bakso Malang Presiden, Pecel Kawi dan tentu saja Nasi Rawon.

8. Gunung Bromo
sumber foto disini
Pengen banged bisa berwisata ke gunung Bromo karena melihat foto temen-temen saya saat berlibur ke Bromo. Semua fotonya indaaaaah. Berharap bisa memandang ciptaan Allah yang sangat indah ini langsung dengan mata kepala sendiri. Bukan melalui foto.

9. Kebun Bunga Matahari
sumber foto disini
Bunga matahari adalah bunga favorit saya. Warnanya yang kuning cerah seakan memancarkan keceriaan, kehangatan dan semangat. Berharap dapat mengunjungi kebun bunga matahari, berjalan diantara bunga-bunga matahari yang bermekaran dan berfoto-foto sampai puas.

Hanya saja saya tidak tahu apakah ada kebun bunga matahari di Indonesia. Sementara itu, hasil searching di google, kebun bunga matahari berada di Thailand, Jepang, Itally. Berharap semoga ada ya kebun bunga matahari yang luaaaaasss dan indaaaaahhh di Indonesia. Amin...

Nah, sahabat sudah tahu kan tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Sepertinya ngga mudah untuk diwujudkan. Namun juga tidak mustahil dapat saya kunjungi. Yuk ah, rajin nabung, ikhtiar, berdoa dan baru deh tawakal kepada Allah. Man jadda wajada. SEMANGAT!!!