Sabtu, 18 Februari 2017

River Tubing di Desa Pandansari


Sudah lama ingin maen air di sini. Alhamdulillah liburan kali ini akhirnya bisa kesampaian juga. Yups... kali ini kita akan ber-river tubing-ria. Tepatnya di desa wisata Pandansari Kecamatan Warung Asem Kabupaten Batang. 


Dari rumah pohon perjalan kami lanjutkan menuju Desa Wisata (Deswita) Pandan Sari untuk bermain river tubing. Tidak sulit menemukan Deswita Pandan Sari karena letaknya tak begitu jauh dari Pasar Pandan Sari.

Sesampainya di desa wisata, saya langsung menuju base camp-nya. Disana sudah ada pengurus (saya sebut pengurus aja ya hehehe...) yang menyambut rombongan saya. Setelah bertanya-tanya seputar river tubing, ternyata disana ada beberapa paket wisata petualangan dan edukatif yang ditawarkan. Diantaranya yaitu:
  1. Paket Tubing (minimal 10 orang) Rp. 50.000/orang dengan fasilitas: perlengkapan tubing, makan dan teh hangat, guide, opak sambel, tubing trip 4 km. 
  2. Paket Outbond Dewasa (minimal 20 orang) Rp. 75.000/orang dengan fasilitas: 5 game outbond, makan dan teh hangat, Tubing trip 4 km, guide, opak sambel.
  3. Paket Outbond Anak (minimal 20 anak) Rp. 45.000/anak dengan fasilitas: 5 game edukatif, makan dan teh hangat, Tubing/rafting 300 m, guide, opak sambel.
  4. Daaaaan..... masih banyak paketan yang lainnya.
Udah ah ngomongin paket-paketannya. Sekarang saatnya beraksi.

Rombongan yang ikut tubing ada 6 orang. Yaitu saya, keponakan saya yang bernama Hamdi dan Syifa, adik saya Ceria dan suaminya serta kakak ipar saya Mas tarmono. Berhubung jumlah tidak ada 10 orang maka harga river tubingnya berbeda dengan harga paketnya.  Kalau tidak salah per orangnya Rp. 65.000.

Masing-masing dari kami memilih helm, pelampung dan sepatu karet yang sudah disiapkan. Ngga perlu khawatir... banyak pilihannya kok. Bisa disesuaikan dengan ukuran kita.
Naik Pick Up pegangan yang kenceng ya...
Selanjutnya, kami menaiki mobil pick up. Bagian atasnya dipasang bambu sebagai tempat untuk meletakkan ban-ban karet yang akan kita gunakan untuk tubing.

Let's go... kita menuju tempat start tubing dengan pick up. Jangan heran ya... karena lokasinya sekitar 4 km-an dari base camp Deswita.

Perjalannya lumayan ekstrim. Berasa ikutan off road. Badan terguncang ke kanan dan ke kiri. Namun... terhibur dengan pemandangan yang indah.

Sampai di tempat, sebelum nyemplung ke sungai ada simulasi singkatnya. Dipimpin oleh salah serang tour guide nya kami diajari berbagai hal. Mulai dari informasi seputar karakteristik sungai (lebar, panjang dan ketinggian sungai), cara duduk, posisi kaki dan tangan dan hal-hal yang boleh kita lakukan dan yang tidak boleh kita lakukan selama tubing. Diakhiri dengan doa bersama. 
Perhatikan baik-baik instruksi tour guidenya ya...
Bismillahirrohmanirrohiim....

Semua menempati ban masing-masing. Dan...wuss badan kita diombang-ambingkan oleh arus sungai yang lumayan deras. Adrenalin mulai meningkat. Menegangkan namun sekaligus menyenangkan. Apalagi saat melewati jeram.

Oya, tidak usah khawatir. Karena kita selalu didampingi oleh beberapa tour guide dan team regu penyelamat. Selain itu, kedalaman sungainya juga hanya berkisar 50 cm s/d 100 cm.  




Akhirnya setelah sekitar empat puluh menitan menyusuri sungai, river tubing berakhir juga. Kembali ke daratan dan bergegas kembali menuju base camp untuk mandi dan berganti pakaian. Maklum, pakaian yang kita gunakan untuk tubing dijamin 100 % basah.

Di base camp, teh anget dan opak sambel sudah menanti. Nasi box pun sudah tersedia. River tubing ini benar-benar menguras energi. Dijamin deh, temens-temens pasti pada laper hehehe....
Teteup eksis meski basah kuyup :)
Alhamdulillah... semuanya berkesan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya yaaaa....


2 komentar:

  1. aku yg rumahe deket situ malah blm pernah mbak ehehe

    BalasHapus
  2. ustadzah cici sama sp? kok gak ada ust yun

    BalasHapus