Laman

Kamis, 03 November 2016

Tempe Krispy Kriuk-Kriuk Ala Dapur Teh Cici



Berjumpa lagi di dapur Teh Cici. Menu yang akan kita buat kali ini adalah tempe krispy kriuk-kriuk. Ide awalnya adalah ingin mengenalkan anak-anak di sekolah tentang ragam makanan. Termasuk di dalamnya tempe. 

Namun, terkadang anak kurang berselera jika tempe hanya digoreng seperti bisa. Jadi, kita buat varian tempe yang lain dari pada yang lain yaitu tempe krispy kriuk-kriuk. Menu yang sederhana namun rasanya yummy. Ukuran potongan tempe pun disesuaikan dengan anak-anak. Sekali hap tinggal dikunyah. hehehe...

Yuk kita buat!

Bahan-bahan yang kita perlukan:
  1. Tempe (saya pakai 1/2 papan tempe)
  2. Tepung bumbu serba guna (saya menggunakan yang kemasan 250 gr)
  3. Air secukupnya untuk membuat adonan basah
  4. Minyak goreng
Cara membuat:
  1. Potong tempe berbentuk dadu. Ngga ada ukuran bakunya tapi ya kira-kira 2,5 cm X 2,5 cm. 
  2. Kita buat adonan basah nya dulu: Ambil mangkok atau baskom, letakkan kurang-lebih 3 sendok makan muncung tepung serba guna. Tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga tercampur rata. Adonan tepung ini tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental. Yaaaahhh mirip-mirip adonan tepung pisang goreng.
  3. Masukkan potongan tempe kedalam adonan basah. Aduk-aduk hingga semua potongan tempe terlumuri adonan basah. Diamkan sesaat.
  4. Selanjutnyan kita siapkan adonan keringnya: siapkan baskom, masukkan sisa tepung serba guna kedalamnya. 
  5. Ambil potongan tempe yang tadi di rendam adonan basah. Aduk-aduk hingga tempe benar-benar terselimuti tepung. Oya, supaya tepung benar-benar menutupi tempe, saya tidak mengaduk menggunakan sendok. Tapi saya guncang-guncang baskom yang berisi tempe dan tepung. Mirip-mirip gerakan mengayak tepung. Pastikan potongan tempe yang satu dengan potongan tempe yang lainnya tidak menempel.
  6. Panaskan minyak, goreng tempe hingga kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
  7. Tempe krispy kriuk-kriuk siap dihidangkan. Paling nikmat disantap dalam keadaan hangat.


Selamat mencoba...

4 komentar:

  1. ini enaaak,selimut tepung yg sempuna

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...
    Proses yang terpenting ada 2 mba Noorma. Saat pengadukan/ saat mengguncang-guncang tempe dengan tepung dan saat penggorengan. Menggunakan minyak yang banyak dan dengan api yang sedang supaya tidak gosong hehehe...

    BalasHapus