Laman

Rabu, 26 Oktober 2016

Tutorial Origami Mahkota Unik


Hai...hai... Masih ada hubungannya dengan postingan saya sebelumnya yang berjudul "HUT HIMPAUDI ke 11". Terutama dengan Gank LCC Kader Sadar Himpaudi. Itu lho, hiasan kepala imut yang saya buat.

Cerita punya cerita, awalnya saya agak-agak hectic saat Bu Hikmah, teman satu gank saya memberitahu kalau setiap regu peserta LCC harus mengenakan aksesoris untuk kekompakan regu. Informasi itu sampai ke saya malam hari, sedangkan lomba LCC nya besok pagi.

Langsung deh ngubek-ngubek isi lemari buku. Kain flanel ada, pita ada, renda ada. Yang terbayang pertama kali adalah membuat bros atau mungkin headpiece. Namun akhirnya saya urungkan. Ah, waktunya ngga cukup. Bisa-bisa saya begadang untuk membuatnya. Padahal saya masih harus membaca AD/ART Himpaudi.

Cling...cling... saya keingetan sesuatu, yaitu salah satu foto Bu Maya Hirai di FB. Yups, beliau berfoto dengan hiasan unik di kepalanya. Dan itu adalah origami berbentuk mahkota.

Cusss... langsung googling dengan kalimat "tutorial origami paper crown". Taraaa.... banyak banget contoh origami paper crown-nya. Yang lebih membahagiakannya lagi, ternyata cara membuatnya gampang dan cepat. Jadi saya kan ngga harus begadang hehehe...

Udah nemu caranya, lalu cari stok kertas lipatnya. Alhamdulillah masih ada. Dan akhirnya, ngga sampai setengah jam, lima buah origami paper crown-nya sudah terbuat.
Yeay... Gank LCC dan Mahkota cantik hehehe...

Penasaran??? Let's check this out! Bismillah.

Bahan dan alat yang diperlukan:
  • 7 lembar kertas lipat  (ukuran kertas dan jumlah kertas bisa disesuaikan dengan ukuran kepala).
  • Isolasi

Cara membuat:
1. Ambil satu kertas lipat.
Bagian depan
Bagian belakang
2. Lipat jadi dua membentuk bentuk persegi panjang.

3. Lipat lagi menjadi dua, hingga membentuk persegi.

4. Buka kertas lipat. Akan terlihat garis vertikal dan horisontal (ssttt.... garis biru putus-putus ini hanya untuk membantu memperjelas saja).

5. Lipat salah satu sudut kertas lipat. Letakkan sudutnya di tengah-tengah garis perpotongan antara garis vertikal dan horisontal. Lakukan pada sudut kertas yang satunya lagi. Hingga seperti bentuk rumah hehehe....

6. Lipat kertas bagian bawah secara horisontal hingga tepian kertas berada di tengah kertas. Gosok-gosok, lalu lipat sekali lagi.



7. Lakukan pada semua kertas lipat.
Tampak depan
Tampak belakang
8. Ambil satu kertas, buka salah satu sisinya. Lalu ambil satu kertas yang lainnya, masukkan ke dalam salah satu sisi yang terbuka.

9. Ambil isolasi, rekatkan pada sisi-sisi kertas yang saling bertumpuk. Tujuannya agar kertas yang satu dengan yang lainnya menempel erat dan tidak bergeser saat di pakai nanti.

10. Lakukan hal yang sama pada kertas yang lainnya. Hingga semua kertas tersusun lapi memanjang.

11. Buka salah satu sisi bagian bawah kertas. Masukkan salah satu sisi kertas ke sisi kertas yang terbuka. Hingga menyatu dan dapat membentuk sebuah mahkota. Lalu isolasi agar menempel erat.

12. Alhamdulillah... Origami paper crown sudah jadi.


Saatnya mencoba
Terima kasih Bu Maya Hirai untuk inspirasinya.
Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai berjumpa di postingan selanjutnya....


6 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya, mudah. Bisa kita praktekkan kalau pas kumpul bareng keponakan. Biar ngga mati gaya hehehe...

      Btw, makasih kunjungannya mba Innayah :)

      Hapus
  2. Praktis dan kreatif yaa..
    Terimakasih teh Cici

    BalasHapus
  3. ibu terimakasih infonya,
    bisa di praktekan di kegiatan Kelas Inspirasi nih :))

    BalasHapus