Minggu, 26 Juni 2016

Undangan Terindah Part 3

Manasik Umroh dan Bahagia Mendapat Keluarga Baru


Ahad, 1 Mei 2016.
Pukul 06.30 saya dan mamah sudah rapi lengkap dengan balutan busana berwarna putih. Hari ini adalah kegiatan manasik umroh sekaligus pembagian koper dan perlengkapan umroh lainnya di Masjid Alfairus. Menurut sms yang kami terima dari biro umroh, manasik umroh dimulai jam 07.00. Karenanya, kami sudah bersiap lebih awal sambil menunggu mobil jemputan datang. 

Jam 07.00 tepat (menurut jam tangan saya hehehe...) saya dan mamah sudah sampai di Masjid Al Fairus. Keadaan masih sepi. Hadeuuuuh... ini saya yang datang kepagian, atau malah datang terlambat??? Bahkan Pak Mul, driver kami meminta kami untuk tidak turun dari mobil dulu menunggu teman-teman yang lain datang.

Sesaat kemudian ada rombongan calon jamaah umroh yang datang. Kami pun turun. Satu persatu peserta yang lainnya juga berdatangan. Menunggu acara dimulai, kami saling bersalaman dan mengenalkan diri. Teman-teman baru kami diantaranya adalah mba Dina, Bu Tuti, Mba Norma, Bu Sulastri daaaannn masih banyak lagi. Karena insyaAllah jamaah yang akan berangkat sekitar 80-an.

Sambil menunggu yang lain datang, Mas Imdad dan Mas Fuad (petugas dari Alfairus tours) membagikan 3 buah buku. 1 buku kecil dengan tali berwarna hijau dan 1 buku ukuran standart yaitu buku Doa Manasik dan buku Tuntunan Praktis Manasik Umroh. Satu buah buku Kenangan Umroh yang berisi jadwal kegiatan kita selama ibadah umroh, daftar nama peserta umroh dll. 


Dari buku tersebut, saya jadi tahu jadwal perjalanan umroh dari berangkat hingga pulang kembali ke Indonesia. Selain itu, saya juga tahu siapa saja teman sekamar saya ketika berada di Mekkah maupun di Madinah. Semua ada di dalam buku Kenangan Umroh. Sangat bermanfaat sekali bukan? Pastinya. Dan buku tersebut juga yang akan menemani hari-hari saya selama disana.

Hmm... manasik umroh baru dimulai jam sembilan, molor beberapa jam. Bukan salah biro nya. Tapi karena, banyak peserta yang datang tidak tepat waktu. But, it's oke. 

Kegiatan manasik umroh dilaksanakan di dua tempat yaitu di dalam masjid dan di luar masjid. Kegiatan diawali dengan pembukaan di dalam masjid. Dipimpin oleh Ustadz Machrus, beliau mengabsen nama jamaah umroh satu-persatu dengan tujuan agar kami peserta saling mengenal satu dengan yang lainnya. Selanjutnya yang berkaitan dengan manasik, rukun, syarat, bacaan dan cara memakai pakaian ihrom di pandu oleh Ustadz Hasanudin.

Pemaparan teori beres, sekarang saatnya praktek umroh. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman depan Masjid Alfairus. Dimulai dengan niat umroh, lalu tawaf, sai. dan tahallul.



Selesai praktek, kami kembali ke dalam masjid, untuk beristirahat sejenak dan kegiatan tanya jawab seputar umroh. Acara dihentikan beberapa waktu karena sudah masuk waktu dzuhur. Kami pun melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. Usai sholat dhuhur, dilanjutkan dengan makan siang prasmanan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Usai makan siang, acara dilanjutkan kembali. Kali ini Ustadz Machrus kembali yang mengisi. Materinya seputar teknis perjalanan umroh. Mulai dari perlengkapan yang harus dibawa, hal-hal yang biasa dihadapi oleh jamaah ketika umroh, sampai hal-hal yang harus dihindari saat beribadah umroh. Dan selalu ada sesi tanya jawab di akhir kegiatan. Maklum, terutama bagi saya yang belum pernah berumroh, seribu satu pertanyaan ada di dalam pikiran saya.

Jam dua siang acara manasik umroh telah selesai. Selanjutnya kami diminta untuk mengambil koper, tas, jilbab dll. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Harapan saya, semoga ibadah umroh nanti pun dapat berjalan dengan lancar. amin....

Bersambung Part 4
Part 2
Part 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar