Laman

Rabu, 12 November 2014

Pelatihan ESQ Pertamaku



Rabu, 8 Oktober 2014 telah terselenggara Pelatihan ESQ untuk pendidik Ma'had Islam. Pelatihan yang diikuti oleh 100 pendidik dan kepala sekolah di lingkungan Ma'had Islam mulai dari Kelompok bermain, TK, SD, SMP dan SMA juga sekolah afiliasi ini diadakan di Pusdiklat Kospin Jasa Jl. Kimangunsarkoro Pekalongan.

Teman, pelatihan ini dimulai dengan permainan memperkenalkan diri dengan barcode. Setiap peseta diminta untuk membuat barcode yang terdiri atas 10 digit angka yang merepresentasikan diri kita. Dan ini adalah barcode yang saya buat: 0680050106. Penasaran maknanya? hehehehe....
Ini penjelasannya:
  • 06 melambangkan tahun 2006. Karena tahun tersebut saya mulai mengajar di Kelompok Bermain Ma'had Islam.
  • 80 melambangkan tahun 1980. Tahun kelahiran saya.
  • 05 melambangkan saya adalah anak ke 5 dari 6 bersaudara.
  • 01 melambangkan saya satu-satunya anak yang berbeda dari ke 5 saudara saya. Baik dari sekolah, kedekatan dengan orang tua, bahkan status saya saat inipun yang paling berbeda dari ke 5 saudara saya. Semua saudara saya sekolah di SMP 2 dan SMA 1 Pekalongan. Sedangkan saya satu-satunya anak yang mondok. Semua saudara saya kuliah dengan jalur PMDK, hanya saya yang kuliah lewat jalur UMPTN. Saya juga satu-satunya anak yang pernah tinggal menetap beberapa tahun di Bandung (ortu asli Bandung). Dan saya satu-satunya yang belum menikah.
  • 06 melambangkan 6 kota yang pernah saya tinggali. Saya lahir di semarang, lalu SD saya tempuh di dua kota yaitu Pekalongan dan Kudus. SMP saya di Padang, SMA saya di Solo, Kuliah di Bandung.
Yups itu seputar barcode saya. 
Nah, setelah membuat barcode, kami seluruh peserta pelatihan diharuskan untuk berkenalan dengan sebanyak-banyaknya teman peserta diklat sambil mencatat barcode teman yang kita ajak berkenalan. Peserta yang berhasil mengumpulkan teman terbanyak diminta untuk maju ke depan sambil memperkenalkan diri dengan barcode. Ada reward-nya lho.

Saling berkenalan dan mencatat barcode masing-masing
Ustadzah Emmi sedang menjelaskan barcode-nya
Acara selanjutnya adalah pembukaan yang diisi dengan pembacaan doa Wirdushobah dan sambutan dari Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Badan Wakaf Ma'had Islam yang disampaikan oleh Bapak Abdul Djalil.

Usai pembukaan, baru deh pelatihan dimulai. Beberapa hal yang membekas dalam memori saya diantaranya adalah materi membiasakan 3S. 3S ini singkatan dari:
  1. Senyum Simetris ESQ
  2. Salam semut
  3. Sahabat Sejati
Motivator kita Bapak Nofrizal
Pelatihan ESQ ini tidak membosankan. Karena materi yang disampaikan dikombinasikan dengan berbagai games seru.

Salah  satu game yang seru adalah mengetahui karakter kita melalui orang lain. Cara bermainnya adalah:
  • Pertama-tama kita harus mencari 1 orang teman. Boleh siapa saja. Bisa yang duduk di samping kanan/ kiri, di depan/ belakang atau siapapun dalam ruangan.
  • Setelah itu kita saling bertukar name tag. Selanjutnya, kami diminta untuk menceritakan salah satu peristiwa dalam hidup yang sangan berkesan dalam hidup kita. Ceritanya bergantian dari A selama 5 menit lalu bergantian B selama 5 menit juga. 
  • Selesai bercerita, kami diminta untuk menuliskan karakter teman kita itu pada name tag yang sedang kita pegang, begitu juga sebaliknya.
Dan inilah name tag saya yang sudah diisi oleh teman saya :)


Oke deh temans, next time ceritanya bersambung lagi ya. Terima kasih sudah berkunjung dan menyempatkan diri untuk membaca postingan ini.


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Boleh... siapkan aja bolpen dan kertas-nya bu :)

      Hapus
  2. assalamualaikum teh cici apa kabar?
    seneng ya bisa ikut acara-acara bermanfaat, apalagi acaranya nggak mbosenin, jadi seneng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam.
      Alhamdulillah baik. Nisa gmn kabarnya? Kangen....
      Iya, pelatihan ESQ-nya seru banged. Bersyukur yayasan tempat saya mengajar saat ini sedang giat-giatnya meng-up grade kualitas pendidiknya dengan beragam pelatihan.
      Makasih sudah berkunjung ya.

      Hapus