Laman

Selasa, 25 Desember 2012

Icip-Icip Kuliner Khas Kota Pemalang

Nasi Grombyang



Wisata kuliner saya kali ini adalah mencicipi hidangan khas kota Pemalang yaitu Nasi Grombyang. 

Beberapa waktu yang lalu, sepulang dari berlibur di Guci saat melewati kota Pemalang kami menyempatkan untuk makan siang di kota ini. 

Karena kami tidak tahu rumah makan yang enak, kami meminta Pak Sopir untuk mencari tempat makan yang enak. Pak Sopir yang paham tempat makan enak di kota ini lalu merekomendasikan Nasi Grombyang Pak H. Warso. 

Wah, dan benar saja sesampainya di tempat makan tersebut saya takjub. Tempat makannya penuh. Tapi kami tetap masuk ke dalam. Dan bersyukur ternyata masih ada meja yang kosong.



Ngga perlu menunggu lama, nasi grombyang panas pesanan kami sudah diantar. Rasanya... maknyuuuusss. Kuahnya segar. Dagingnya pun empuk sangat. Cocok banged dengan lidah saya. Hehehe... 

Penasaran khan dengan nasi grombyang? Nasi grombyang adalah sejenis soto daging sapi/ jeroan. Yang membedakannya dengan soto dari daerah lain adalah bumbunya. Nasi grombyang menggunakan serundeng kelapa yang sudah dihaluskan. Kuahnya pun berwarna gelap karena memakai kluwak.

Menyantap semangkuk nasi Gromyang kurang lengkap bila tidak di temani dengan sate daging atau sate babat yang dimasak dengan bumbu grombyang. Penasaran??? Ayo bagi teman-teman yang sedang melewati kota Pemalang jangan lupa untuk mampir di Nasi Grombyang Pak H. Warso. 



O’ya ternyata tempat makan ini juga pernah masuk di Trans TV lho. Dalam acara makan-makan yang dipandu oleh Benue Boloe. Semangkuk Nasi Grombyang dibandol dengan harga Rp. 10.000. Sedangkan setusuk sate grombyang dihargai dengan Rp. 3.000. 


Bagi teman-teman yang penasaran ingin mencicipi kuliner khas kota Pemalang ini, monggo tinggal mampir aja ke Nasi Grombyang Pak H. Warso atau mencoba resepnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar