Kamis, 13 Oktober 2011

KOREAN CLASS

Greetings dan Huruf Konsonan
 


Alhamdulillah... Setelah sekian lama akhirnya bisa bikin postingan baru. Kali ini saya menulis tentang Kelas Bahasa Korea. Bukan berarti saya jago bahasa korea lho. Tapi postingan ini adalah materi bahasa korea yang sedang saya pelajari di kelas bahasa Korea. Ya...itung-itung latihan nulis hangeul pake komputer gitu ^_____^

Oke, sebelumnya saya mau bercerita seputar kelas ini. Kelas Bahasa Korea yang saya ikuti dilaksanakan di PIP (Pusat Informasi PAUD) di kantor Dinas pendidikan Kota Pekalongan. Pengajarnya adalah KIM MIN JUNG Seonsaengnim. Beliau asli orang korea. Yang mengikuti kelas bahasa korea ini berjumlah kurang lebih 10 orang. Sebagian besar dari kami adalah pendidik PAUD.

Cukup ya penjelasan tentang kelas bahasa koreanya. So.... mari kita mulai. Hana dul set ^_____^

A. Greeting

Kalimat
Kepada yang lebih tua/ atasan
Kepada teman/yang lebih muda
Selamat pagi/siang/sore/malam
안녕하세요
annyeong haseyo
안녕
annyeong
Terima kasih
고맙습니다
Gomabseubnida
감사합니다
gamsahamnida
고마워
gomawo
Sama-sama
천만에요
cheonmaneyo
천만에요
cheonmaneyo
Selamat tinggal
안녕히 계세요
Annyeonghi gyeseyo
잘있서
jalisseo
Selamat jalan
안녕히 가세요
Annyeonghi gaseyo
잘가
Jal ga
Sampai jumpa
또 만나요
Tto mannayo
또 만나
Tto manna

Selain ungkapan-ungkapan diatas, beberapa ungkapan lainnya yang berkaitan dengan greeting yaitu:
Selamat makan = 만있거드세요 (masike deuseyo)
Selamat datang =어서 오세요 (eoseo oseyo)
Saya senang bertemu dengan anda = 만나서 반갑습니다 (manaseo bangapseupnida)

B. Huruf Konsonan

No
Huruf
Romanization
Pengucapan
1.
G (k)
(ga)
2.
N
(na)
3.
D (t)
(da)
4.
R (l)
(ra)
5.
M
(ma)
6.
B (p)
(ba)
7.
S (t)
(sa)
8.
(ng)
(a)
9.
J (t)
(ja)
10.
Ch (t)
(cha)
11.
K (t)
(ka)
12.
T (t)
(ta)
13.
P
(pa)
14.
H
(ha)


C. Huruf Konsonan Ganda
= g
= k
= kk
= d
= t
= tt
= j
= ch
= jj
= b
= p
= pp
= s

= ss

Stt... Cara membaca huruf konsonan ini perlu diawasi oleh ahlinya. Karena ternyata pelafalannya berbeda dengan pelafalan lidah orang Indonesia. he..he...

D. Beberapa Kosakata Baru

No
Kata
Bahasa Koreanya
Romanization
1.
Tas
가방
gabang
2.
Terong
가지
gaji
3.
Kupu-kupu
나비
nabi
4.
Keper (kupu-kupu kecil)
나방
nabang
5.
Cicak
도마뱀
domabem
6.
Talenan
도마
doma
7.
Radio
라디요
radiyo
8.
Mi instant
라면
ramyeon
9.
Hati
마음
maeum
10.
Kuda
mal
11.
Huruf vocal
모음
moeum
12.
Nasi
bap
13.
Malam
bam
14.
Cinta
사랑
Sarang
15.
Suara
소리
sori
16.
Singa
사자
saja
17.
Kami
우리
uri
18.
Huruf konsonan
자음
jaeum
19.
Bumbu
조미료
jomiryo
20.
Teh/mobil
cha
21.
Bersih-bersih
청소
cheongso
22.
Kopi
커피
keopi
23.
Kamera
카메라
kamera
24.
Burung unta
타조
tajo
25.
Daun bawang
pa
26.
Bawang Bombay
양파
yangpa
27.
Harimau
호랑이
horangi
28.
Kakek
할아버지
harabeoji
28.
Ayah
아버지
abeoji
30.
Nenek
할머니
harmeoni
31.
Ibu
어머니
eomeoni

Sebetulnya materi pertemuan kali ini masih banyak. Namun tidak bisa saya tuliskan saat ini. Bukan karena tidak bisa, tapi tahu kah teman-teman, untuk menulis hangeul di tabel atas, saya membutuhkan waktu lebih dari dua jam (maklum masih sangat amatir) he..he... Semoga kedepannya bisa lebih lancar lagi. amin....
Mina Seonsaengnim our beloved teacher ^____^
Our Korean Class ^____^
 유니, 찌찌, 알리마

8 komentar:

  1. kereeeeen....lanjutkan buk....
    korean class jilid 2 dan seterusnya...hihihi....

    BalasHapus
  2. InsyaAllah pasti berlanjut buk (kalo ngga malas nulis he..he...he...)
    Semoga bermanfaat ^______^

    BalasHapus
  3. Annyeong haseo
    Teh.. blog nya keren,, macem-macem isinya.. duh..pinternya nulis huruf hangeul.. aku lagi demam korea sekarang hehe.. Gamsahamnida..asik nih bisa belajar dari blog ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ne Annyeong haseyo ^______^

      Sengaja di tulis di blog supaya jadi pengingat disaat lupa. Ini juga sudah banyak lupanya karena lama ngga dipake, ilmunya jadi melayang :)

      Menulis dan membaca hangeul lebih mudah lho dibanding belajar tulisan kanji, hiragana, katakana (suer deh...)

      Senang sekali kalau postingan Korean Class nya bisa bermanfaat.

      Dari Blognya Nisa, saya juga belajar mengenai ungkapan sehari-hari dalam bahasa jepang. Dan... kosakata yang berkesan adalah "zannen desu" hehehe....

      Hapus
  4. Teh, yang bener gamsahamnida atau kamsahamnida? kok nonton dorama kayaknya bilang kamsahamnida ya? kalo I'm sorry apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gamsahamnida maupun Kamsahamnida dua-duanya betul Nis. Kalau penulisannya hangulnya memang pakai Gamsahamnida. Namun, pengucapan huruf G menurut lidah orang korea itu mendekati huruf K. Jadi Walaupun tulisannya G terkadang diucapkan K.

      Sama seperti huruf ㄹ = r tapi sering juga di ucapkan dengan l.

      Saya belajar hangul salah satunya di http://www.youtube.com/watch?v=djB05a4ntQ4

      I'm sorry = mianhaeyo (diucapkan mianheyo) kadang disingkat mianhae (diucapkan mianhe)

      Hapus
    2. oh.. gitu ya.. wakarimashita (mengerti)

      owalah sebenernya mianheyo ya... kok kedengarannya byaneyo, byane, byanatta ... (listeningnya susaahh...)

      Gamsahamnida :)

      Hapus
    3. Cheonmaneyo Nisa... (dibaca conmaneyo hehehe...)

      Hapus