Selasa, 06 September 2011

SYAWALAN DAN LOPIS RAKSASA DI PEKALONGAN


Ada yang istimewa di Pekalongan setiap tanggal 7 Syawal. Apa itu.... (penasaran khan ^_____^)

Di Pekalongan ada tradisi SYAWALAN. Karena tradisi  ini berpusat di daerah KRAPYAK maka ada pula yang menyebutnya dengan KRAPYAKAN.  Oya, acara ini dilaksanakan setiap tanggal 7 Syawal karena setelah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal, umat islam langsung meneruskan dengan puasa 6 hari di bulan syawal.  Dan untuk merayakan selesainya Puasa Syawal, maka dilaksanakan SYAWALAN. 
Hidangan istimewa saat syawalan ini adalah lopis dan rujak. Silahkan teman-teman bertamu di krapyak. Pasti teman-teman akan disuguhi lopis dan rujak.
Welcome to Krapyak ^______^
Gang menuju lokasi lopis raksasa. Motor ngga boleh lewat.

Pagi ini, saya mengajak mamah saya jalan-jalan di krapyak untuk menyaksikan LOPIS RAKSASA. (Ssttt...Selama lima tahun tinggal di Pekalongan, baru kali ini saya menyaksikan secara langsung LOPIS RAKSASA lho ^______^)
Pedagang lopis di sepanjang jalan

Laris manis dagangannya buk ^____^

Jam 06.00 pagi kami menuju ke Krapyak dengan mengendarai sepeda motor. Sepanjang jalan, penjual lopis berjajar menjajakan dagangannya. Peskipun masih pagi, namun jalan sudah mulai penuh dengan pengunjung. Oya, jangan harap motor dan mobil bisa lewat jalan ini kalau sudah jam delapanan. 
Saya, Ayah saya dan Mamah saya ^______^
Pengen meluk Lopisnya ^______^

Foto di depan Giant Lopis ^_____^

Tahun ini, ada dua tempat pemotongan LOPIS RAKSASA lho. Lokasi pertama ada di Krapyak Lor. Ukuran Lopisnya adalah berat 1012 kg, tinggi 198 cm, bulat/lingkar lopis ini 232 cm. 
Sedangkan LOPIS RAKSASA yang satu lagi, ada di Krapyak kidul dengan berat 587 kg,tinggi 163 cm, diameter 55 cm. 
Lopis pertama
Lopis kedua
Kedua lopis ini biasanya setelah didoakan kemudian dipotong secara simbolis oleh bapak Walikota Pekalongan lalu dibagi-bagikan kepada masyarakat. 
Lopis ukuran normal. Panjangnya kurang dari 30 cm. Beratnya pun 250 gr
Lopis yang sudah dipotong dan disiram dengan saus kinca.

Oya... dari tadi saya menyebut lopis beberapa kali. Mungkin teman-teman ada yang belum tahu lopis ya. Lopis adalah sejenis makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang lalu diikat dengan tali (Khusus lopis raksasa, mengikatnya dengan tambang. Ck..ck..ck...) Dan dikukus selama berjam-jam. Lopis akan semakin lezat dinikmati dengan taburan kelapa parut atau disiram dengan kinca (gula jawa yang dicairkan). Beras ketan yang lengket ini dianalogikan sebagai perekat dan pemersatu umat islam.

3 komentar:

  1. asik ada artikel mengenai lipis Krapyak, pinjem ya teh buay referensi Kampung wisata Krapyak

    BalasHapus
  2. asik ada artikel mengenai lipis Krapyak, pinjem ya teh buay referensi Kampung wisata Krapyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo... Silahkan teh Ayi 😁😊😉

      Hapus