Laman

Selasa, 27 Mei 2014

Study Banding ke Pesantren Tazakka


It's jalan-jalan time. Hehehe... sebetulnya ngga juga sih. Ceritanya hari Ahad, 18 Mei yang lalu, saya dan beberapa guru perwakilan dari setiap sekolah yang ada di bawah naungan Yayasan Badan Wakaf Ma'had Islam mulai dari KB, TK sampai SMA mengadakan kegiatan study banding ke Pondok Modern Tazakka yang berlokasi di Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Perjalanan dimulai dengan kumpul terlebih dahulu di Kospin Jasa Pusat. Rombongan study banding kali ini berjumlah 49 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan guru serta 3 orang pengurus yayasan. Sekitar jam 11.30 kami berangkat dengan menumpang sebuah bus.

Di tengah perjalanan kami beristirahat sebentar untuk melaksanakan sholat dhuhur di Masjid Baabussalam Bandar. Masjidnya adem, airnya lebih adem lagi. Berasa lagi di Bandung (dinginnnnn...) Selesai sholat dan makan siang, perjalanan pun kami lanjutkan kembali.

Akhirnya, kami sampai juga di Pondok Modern Tazakka. Kami disambut dengan bangunan masjid megah nan indah.

Masjid Az Zaky
O'ya, sebelumnya kami seluruh peserta study banding dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok kepala sekolah dengan pimpinan rombongan kepsek SMA Islam, kelompok kedua adalah guru-guru yang difokuskan pada sistem pengajaran dengan ketua rombongan Ustadz Hanafi dan kelompok ketiga beranggotakan guru-guru yang difokuskan pada sistem pengasuhan dengan ketua rombongan Ustadzah Emmy.

Beberapa saat setelah kami menginjakkan kaki di Pondok Modern Tazakka, kami diminta untuk segera menuju ruang pertemuan. Ustadz Anang Rikza Masyhadi, MA selaku pimpinan Pondok Modern Tazakka beserta stafnya menyambut kami dengan baik.

Dalam ruangan pertemuan, kegiatan kami adalah mendengarkan pemaparan Ustadz Anang tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Pondok Modern Tazzaka meliputi sistem pendidikan, kurikulum, orientasi pendidikan dll.

Pondok Modern Tazakka, menggunakan kurikulum yang sama dengan Pesantren Gontor di Jawa Timur atau bisa dikatakan bahwa Pondok Tazakka ini merupakan Pondok Modern afiliasi dari Pesantren Gontor. Pimpinan pondok dan asatizd-nya pun sebagian besar merupakan alumni dari Gontor.

Pondok Modern Tazakka saat ini membuka pendaftaran santri baru yanga nantinya akan di tempatkan dalam dua jenjang yang berbeda. Jenjang yang pertama adalah kelas biasa (setara SMP) dengan masa belajar 6 tahun. Kelas ini dibuka untuk anak-anak tamatan SD atau Madrasah Ibtidaiyah yang ingin melanjutkan pendidikannya di pondok.

Jenjang yang kedua adalah kelas intensif (setara SMU) dengan masa belajar empat tahun. Kelas ini dibuka bagi lulusan SMP atau Madrasah Tsanawiyah yang ingin melanjutkan pendidikannya di pondok.



Kegiatan di dalam ruang pertemuan kami hentikan sejenak untuk melaksanakan sholat Ashar berjamaah di Masjid Az Zaky. Sttt... saya paling betah di masjid (soalnya berasa tenang, uademmm dan suejuuuk hehehehe).

Di dalam Masjid Az Zaky
Selesai sholat, kegiatan kami selanjutnya adalah berkumpul menurut kelompok yang sudah ditentukan, lalu mengamati aktivitas santri sore itu dipandu oleh asatidz Pondok Modern Tazakka.

Untuk kelompok saya, Ustadz Anang sendiri yang menjadi pemandunya. Beliau menjelaskan berbagai hal mulai dari rekruitmen tenaga kependidikan, penegakan kedisiplinan sampai pencarian sumber dana dan donatur. Sesekali diselingi dengan tanya jawab.



Kunjungan kami di Pondok Modern Tazakka ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan. Alhamdulillah... banyak ilmu dan pengalaman baru yang saya dapatkan. Dan berharap semoga lain waktu bisa mengunjungi tempat ini lagi.

Penyerahan cendramata oleh Ustadzah Anisia K Masyhadi

Penasaran dengan profil lengkap Pondok Modern Tazakka??? Silahkan berkunjung disini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar