Laman

Jumat, 06 Desember 2013

Sampul Buku Unik Buatan Teh Cici


Stres dengan kegiatan di sepanjang minggu ini. Maklum anak-anak sedang menempuh ujian akhir semester. Sehari yang biasanya cuma menemani 2 anakku belajar dengan durasi waktu yang singkat, sekarang harus menemani 4 anakku belajar dengan durasi waktu yang lebih lama pula. 

Rasanya sumpek dan jenuh sudah sampai diubun-ubun. Pengen liburan, ngga mungkin. Akhirnya, pelarianku untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan membuat "sesuatu". Inginnya sih bikin tutorial bros sulam benang dan sulam pita. Tapi rasanya bakalan riber banget. Dan ujungnya jadi males.

Tapi pas lihat buku catatanku yang baru, kepikiran deh buat sampul buku yang unik dan pastinya ngga ada yang nyamain hehehe...

Setelah melirik semua keperluan yang kira-kira akan dibutuhkan untuk membuat sampul buku tersebut, akhirnya saya pun mulai beraksi. Penasaran??? Yuk kita lihat cara membuatnya!

Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Selembar kertas kalender. Cari yang tipis ya. Soalnya kalau ketebelan akan sedikit susah saat dilipat untuk menyampuli buku.
  • Kertas lipat warna-warni.
  • Lem
  • Gunting
  • Sampul plastik

Cara membuat:
1. Ambil kertas lipat warna-warni. Gunting dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Bisa lingkaran, segitiga, trapesium dll. Berhubung waktu saya yang agak terbatas, kali ini saya buat pola persegi panjang dengan ukuran suka-suka hehehe....



2. Ambil selembar kertas kalender. Ukurannya sesuaikan dengan buku yang akan kita sampul. Permukaan yang berwarna putih adalah permukaan yang akan kita tempel.



3. Ambil potongan kertas lipat dan tempel di permukaan kertas kalender. Susunan penempelan warna silahkan sesuka hati. Lakukan sampai semua permukaan kertas tertutup potongan kertas. Kertas siap untuk disampulkan pada buku.


4. Jika sudah selesai disampul, jangan lupa siapkan kertas dengan warna yang kontras. Ukuran dan bentuk bebas. Guna kertas tersebut adalah sebagai tempat kita untuk menulis identitas pemilik buku.
Kali ini saya membuat 2 buah bentuk hati. Yang agak kecil berwarna biru dan yang besar berwarna putih. Kertas berbentuk hati yang berwarna biru saya tempel di atas kertas putih.


5. Setelah diberi nama, terakhir lapisi dengan sampul plastik agar terlihat lebih rapi dan lebih awet tentunya. Dan... buku catatan saya kini tampak unyu-unyu.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar