Laman

Senin, 11 November 2013

Aku dan Hobi Baruku

Perlengkapan menyulam
Awalnya ngga sengaja menemukan sebuah tulisan tentang 100 hal yang ingin dilakukan sebelum meninggal. Akhirnya, saya ikutan membuat 100 hal yang ingin dilakukan dan dicapai saat hidup. Dan, ternyata ngga mudah untuk membuat 100 daftar tersebut. Sampai sekarang belum genap 100 daftar selesai tertulis.

Dan, melihat deretan daftar yang saya buat di dalamnya tertulis pengen bisa menyulam dan membuat bros sulam. Hmmm... pikir sana- pikir sini akhirnya hal pertama yang saya lakukan adalah membeli perlengkapan untuk menyulam. Mulai dari jarum dan benang sulam, pita, pembidang dll.

Perlengkapan untuk menyulam sudah tersedia. Trus, siapa ya yang mau ngajarin saya? hahaha... ngga nemu. Akhirnya coba buka-buka youtube tentang tutorial menyulam / embroidery. Ternyata banyak banget chanel di youtube tentang sulam-menyulam. Mencari di web pun ngga susah. 

Yang susah adalah belajarnya. Maklum ngga ada guru yang mengingatkan betul atau salahnya. Alhasil sempat bergulat dengan benang kusut, salah tusukan jarum. 

Tapi akhirnya, saya tahu bahwa menyulam itu ada macamnya dan ada rumusnya. Jadi tahu kalau ada bullion stitch, fly stitch, lazy daisy, french knots, spider web rose dll. 

Setelah beberapa kali mencoba dengan hasil yang ngga simetris, akhirnya ada hasil sulaman saya yang agak mendingan hehehe... 

sulaman dgn media kain putih
Sulaman pertama saya lakukan diatas media kain putih yang awal muawalnya adalah jilbab putih milik saya yang sudah tidak terpakai. Selanjutnya saya mencoba menyulam dengan media kain flanel.

Sulaman di atas kain flanel
Hasil sulaman diatas lalu saya gunting sesuai ukuran yang sudah saya buat sebelunya. Setelah itu baru deh disusun, ditempel dipasang renda dan.... jadilah bros bunga sulam imut .

Bros bunga wawar dari benang sulam
Bros bunga mawar dgn sulam pita
Dan... siap menerima pesanan 
Alhamdulillah... satu dari 100 hal yang ingin saya lakukan sudah terlaksana. Rasanya puas banged. Meski belum mahir betul menyulam, setidaknya saya sudah berusaha untuk mewujudkan keinginan saya tersebut. 

Saatnya untuk mewujudkan satu keinginan saya yang lainnya lagi. Semangat!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar