Laman

Minggu, 01 April 2012

KUMPUL-KUMPUL KOREAN CLASS bagian 2


Postingan kali ini saya ingin bercerita tentang salah satu menu istimewa yang disediakan oleh Mina Seonsaengnim pada waktu makan-makan kemarin. Menu makanan tersebut adalah BULGOGI SSAM. Itu lho salah satu masakan korea yang terkenal dan sering keluar di drama korea. Salah satunya adalah drama Baby Face beauty dan Lie To Me ^_______^ 

Waktu pertama kali Mina Seonsaengnim mengundang saya untuk datang ke acara ini, dan memberitahu akan membuat BULGOGI saya seneng banget. Penasaran berat pengen icip-icip rasanya. Coz, salah seorang teman SMA saya yang sekarang berdomisili di Jepang bilang bahwa salah satu kuliner Korea yang wajib dicicipi adalah BULGOGI.

Oya, supaya tidak bingung, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu BULGOGI dan BULGOGI SSAM.

1. BULGOGI yaitu masakan tradisional Korea yang terdiri dari daging sapi yang diiris tipis, dicampur dengan bawang daun, wortel, bawang bombay, bawang putih, minyak wijen, kecap asin, gula cair. Kesemua bahan ini dicampur jadi satu lalu di diamkan beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam daging. Setelah itu di tumis sampai matang dan taburi dengan biji wijen.

2. BULGOGI SSAM yaitu bulgogi yang dimakan dengan daun selada (sangchu). Cara makannya itulah yang unik dan menarik. Penasaran????? Yuk kita coba ^_____^

Sepiring bulgogi

Kelengkapan untuk menikmati BULGOGI SSAM
Untuk menikmati Bulgogi SSAM  yang harus disiapkan adalah  (sesuai dengan foto di atas):
1. Daun selada 
2. Bulgogi
3. Irisan cabe hijau dan bawang putih
4. Saus yang biasa disebut ssam jang (ssam jang terbuat dari doenjang, gochujang, minyak wijen, bawang putih cincang, gula, sprite dll yang dicampur menjadi satu)

Cara membuatnya adalah:
1. Ambil daun selada
2. Letakkan potongan daging bulgogi di atas daun selada
3. Tambahkan potongan cabe hijau
4. Tambahkan potongan bawang putih yang sudah dicelupkan ke ssamjang terlebih dahulu.
5. Setelah itu, lipat-lipat daun seladanya. 
6. Bulgogi ssam siap dimakan (sttt... harus dimasukkan bulat2 ke dalam mulut, baru dikunyah hehehe...)

Itu yang di contohkan oleh mr. Lee. Tapi berhubung saya tidak suka bawang putih mentah, saya tidak menambahkan bawang putih pada bulgogi ssam saya.

Daun selada, potongan bulgogi, potongan cabe hijau, bawang putih dan ssam jang

Dilipat-lipat... siap dimakan

Nyam...nyam... enak hehehe....

Rasanya Maknyusss... Sedep ^___^

Kalau lihat Mr Lee dan Mina Seonsaengnim makan, ekspresi wajahnya menggambarkan bahwa Bulgogi Ssam itu enaaaaak banged. Tapi, lihat saja ekspresi wajah Ibuk dosen dan Meme saat makan Bulgogi Ssam. Lucu.... hehehehe....

Si ibuk bingung Bulgogi Ssam harus masuk mulut bulet-bulet sekali suap  ^_____^

Meme mencoba meracik sendiri

Horeee... Berhasil-berhasil xixixi...

Hahaha... Kalau lihat fotonya Ibuk Dosen dan Meme, saya jadi penasaran dengan wajah saya sendiri saat menyantap BULGOGI SSAM. Pastinya ngga jauh beda dengan Ibuk dan Meme. Tapi yang terpenting adalah Bulgoginya enak banget.

Akhirnya... beres juga postingan KUMPUL-KUMPUL KOREAN CLASS nya. Gamsahamnida... Jeongmal Gamsahamnida untuk Mina seonsaengnim. Akhirnya, tanpa ke Korea pun saya sudah bisa menikmati bermacam-macam kuliner khas Korea. 

Tamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar