Sabtu, 31 Maret 2012

KUMPUL-KUMPUL KOREAN CLASS bagian 1


Kamis, 29 Maret 2012 ini kita seru-seruan lagi. Kali ini (setelah sekian lama) peserta Korean Class satu dan dua akhirnya bisa berkumpul juga di rumah Mina Seonsaengnim. 

Saya tiba di rumah Mina Seonsaengnim sekitar jam setengah enam. Di sana sudah ada Pay, Mimi, Mr. Thamrin dan Mr. Amir. Stttt... Mr. Thamrin (Lee Dong Hyuk) dan Mr. Amir (Hong Seong Joo) adalah teman Mina Seonsaengnim dari Korea. Keduanya sama-sama volunteer dari KOICA.

Beberapa saat kemudian setelah berbasa-basi sejenak, Saya bertemu dengan Mina Seonsaengnim.  Melihat Mina seonsaengnim yang sedang sibuk saya berinisiatif untuk membantu. Bergegas saya menuju dapur. Saat itu beliau sedang memasak BULGOGI. Bukannya membantu, saya malah segera mengambil kamera dan langsung  memotret Mina Seonsaengnim yang sedang memasak hehehe....

Oya, tempat memasak terbagi dua. Di dapur Mina Seonsaengnim memasak Bulgogi, di ruang bawah Mr. Lee dan Mr. Amir juga sibuk memasak Bulgogi, kemudian dilanjutkan dengan memasak TTeobokki.

Satu persatu teman-teman Korean Class akhirnya datang juga. Kali ini Ibuk Dosen datang bersama keponakannya yang bernama "hana". 

Mina Seonsaengnim


Aduk terus jangan sampai bulgoginya gosong ya Me...


Meme dengan "Muka Pengen" nya


Mr.홍성주, Meme, Mr. 이동혁


Menjelang pukul enam sore, semua persiapan sudah selesai. Dan acara makan-makan pun siap dimulai.

Menu makan-makan kita hari ini adalah:

1. 오징어 음 (o jing eo bok em) Yaitu berupa sotong yang dimasak dengan gochujang, bawang bombay, wortel dll. Rasanya... enak. Agak manis, sedikit pedas... cocok di lidah saya.

오징어 음 (o jing eo bok em)

2. 불 고기 (bulgogi) Wah... yang ini enak bangets. Berupa potongan daging yang dimasak dengan kecap asin, bawang daun, wortel dll. Oya, Mina seonsaengnim juga sudah menyiapkan daun selada, ssam jang, potongan bawang putih dan cabe hijau. Cara makannya unik bangets. Menu ini disebut 불고기 쌈 (bulgogi ssam) Makanan ini sering keluar di drama korea lho hehehe...
불고기 (bulgogi)

3. 전 ( cham chi jeon) Saya menyebutnya dengan ikan tuna goreng telur.
전 ( cham chi jeon)

4. Salad. Berisi sayuran, tomat ceri, daging ayam yang di suwir-suwir. Cara memakannya adalah  mencampurnya dengan saus yang dibuat dari kecap asin, minyak wijen, bawang putih dll.
Salad

5. 김치 (kimchi) Makanan korea paling populer.
김치 (kimchi)

6. 떡 볶이(tteobokki). Wah... tteobokki buatan mr. Amir enak banget. Lebih pedas dari tteobokki yang pernah saya makan sebelumnya. Bahan-bahan membuat tteobokki kali ini adalah tteok, gochujang, gula cair, daun bawang, mie instan dan odeng. 
Aduh.... jadi pengen makan tteobokki lagi :(
Tteobokki buatan Mr.홍성주 enak


Semua menu istimewa di hari ini


Mari makan... 맛있게 드세요 ^_______^

Saatnya makan-makan. Menurut Mina Seonsaengnim, di Korea jika makan bersama, biasanya dimulai oleh orang yang paling tua. Setelah itu baru diikuti oleh yang lebih muda. Nah... karena disini yang paling senior adalah mr. Lee, maka beliau yang memulai terlebih dahulu hehehe....

Setelah mengambil nasi dan lauk-pauknya, Mr. Lee memberi contoh cara meracik dan memakan BULGOGI SSAM.

Mr. Lee sedang memperaktekan cara memakan 불고기 쌈


Selesai makan, kegiatan break dulu untuk menunaikan sholat maghrib berjamaah. 
Sholat Maghrib berjamaah
Selesai sholat, acara dilanjutkan kembali. Kali ini, setiap peserta dimohon untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Korea. Misalnya... Annyeong haseyo... Jeoneun Cici Rachmawati imnida ^_____^

Beres memperkenalkan diri, Mina Seonsaengnim sudah menyiapkan undian. Bagi yang nomornya sesuai dengan nomor kupon yang dimiliki setiap peserta akan mendapat hadiah. Dan... yang beruntung diantaranya adalah yuni unni, arif, siapa lagi (saya tidak hafal namanya) dan... tentunya saya hehehe.... 
Saya dapat sampo pentene ukuran jumbo ^____^

Tapi... bagi yang nomornya tidak terpilih tidak perlu risau. Sebab mina seonsaengnim sudah menyiapkan ramyon instan.


Dessert-nya aneka snack ^_____^
Mina Seonsaengnim membagikan sapu tangan


Jeoneun Yuni ibnida ^_____^


Saatnya pembagian doorprise


Kadonya banyaaaaaak...



Arif dapat kado istimewa... Spesial dari KOREA :)


Meme n Windy beserta ramyon nya...
Sesi selanjutnya adalah penyerahan kenang-kenangan dari teman-teman 2nd Korean Class kepada Mina Seonsaengnim. Pastinya beliau dapat banyaaaaaaaak kado. Ada yang isinya bantal, tas, kain pantai, daster, slayer dll. 
Asyiiiik... Saatnya buka-buka kado


Dapat bantal peluk dengan foto personil 2nd Korean Class


Mina seonsaengnim dan semua hadiahnya  :)


cheery bell dari Pekalongan xixixi...


Ibu Tyas


Selalu ada kesempatan untuk berpose...
Hampir jam sembilan malam saya dan teman-teman pamit undur diri. Tapi tidak untuk teman-teman 2nd Class. Karena mereka akan mengerjai seorang teman yang berulang tahun :)

Subhanallah... korea memang keren. Bisa menyatukan kami yang sebelumnya memang tidak saling kenal. Kami bisa makan bersama, menyanyi bersama dan tentunya foto bersama hehehe...

감사합니다 Mina Seonsaengnim ^_______^

Bersambung......

2 komentar:

  1. baguuus......edisi sambungan'y jgn lama2 yaa buu... :)

    punya sy malah blm d posting lg bnyk tugas,..bikin SKH...hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian ke duanya sudah kelar buk, bahkan sudah saya postingkan :)

      Hapus