Laman

Minggu, 06 November 2011

KOREAN CLASS

PENULISAN HURUF HANGUL DAN MEMPERKENALKAN DIRI

Postingan kali ini adalah meteri yang disampaikan oleh Mina Seonsaengnim beberapa waktu yang lalu.
Namun sayang pada pertemuan itu saya tidak bisa hadir karena ada urusan sekolah yang harus saya selesaikan.
Materi yang saya tulis, saya ambil dari modul yang diberikan oleh Mina Seonsaengnim. Saya coba untuk mempelajarinya sendiri, lalu mencoba untuk menuliskannya. Harapan saya, jika ada kesalahan dalam postingan kali ini... mohon koreksiannya ya... Oke.. mari kita mulai. Bismillah...

A. PENULISAN HURUF HANGUL
Cara penulisan Hangul yang dipelajari pada pertemuan kali ini ada 2 yaitu:
1. Cara KKB (Kiri Kanan Bawah)

K
(Kiri)
K (Kanan)
B
(Bawah)
Cara ini biasanya digunakan pada huruf vokal ㅕㅓㅣㅏㅑㅖㅔㅐㅒ

2. Cara ATB (Atas Tengah Bawah)

  A  (Atas)
T (Tengah)
B (Bawah)
Cara ini biasanya digunakan pada huruf vokal ㅠㅜㅡㅗㅛ

Mari kita lihat Tabel di bawah ini!
Kiri Kanan
Bawah
Atas
Tengah
Bawah
+ + =  (gak)

+ + =  (nim)

+ + =  (rang)
+ + =  (gom)

+ + =  (neun)

ㅁ+ ㅜ + ㄹ = 물  (mul)

Latihan
Bacalah tulisan di bawah ini:
오나라 오나라 아주오나
가나라 가나라 아주가나
나나니 나녀도 못노나니
아니리 아니리 아니노네
에헤야 데헤야 에헤야 데헤야
가지도 못하나 아주가나

B. MEMPERKENALKAN DIRI
Perhatikan dialog di bawah ini!
Nama
Hangul
Romanization
Indonesia

혜교

안녕 하세요?

Annyeong haseyo

Selamat pagi


민호

안녕 하세요?

Annyeong haseyo

Selamat pagi


혜교

이름이  뭐예요?

Ireumi mweoyeyo

Siapa nama anda?


민호

저는 민호예요.

이름이  뭐예요?

Jeoneun  Minho yeyo
Ireumi mweoyeyo

Saya Minho.

Siapa nama anda?


혜교

저는 혜교에요.
반갑습니다.

Jeoneun Hyegyo eyo
Bangapseumnida

Saya Hyegyo
Senang bertemu dengan anda.


민호

반갑습니다.

Bangapseumnida

Senang bertemu dengan anda.



Perhatikan dialog di bawah ini!

Nama
Hangul
Romanization
Indonesia

아니스

안녕  하세요?
저는  아니스 예요.

Annyeong haseyo
Jeoneun aniseu yeyo

Selamat siang.
Saya Anis


유진

안녕  하세요?
저는  유진이에요.

Annyeong haseyo
Jeoneun yujini eyo

Halo
Saya Yujin


아니스

유진씨는  어느 사람이에요?

Yujin ssineun oneu sarami yeyo

Yujin orang mana?





 유진

저는  한국 사람이에요

Jeoneun hanguk sarami yeyo


Saya orang Korea

아니스 씨는 어느 사람이에요?

Aniseu sshineun oneu sarami yeyo?


Anis  orang mana?

아니스

저는  인도네시아 사람이에요

Jeoneun Indonesia sarami yeyo

Saya orang Indonesia


유진

다음에 만나요

Daeume ttomannayo

Nanti bertemu lagi.


아니스

다음에 만나요

Daeume ttomannayo

Nanti bertemu lagi

Akhirnya selesai juga postingannya. Gimana... masih bingung kah? Waaah sama dong kalau begitu. Apalagi saya hanya belajar lewat modulnya saja. Kalau bingung... jangan lupa tulis di komentar, nanti saya tanyakan pada ahlinya yaitu Mina Seonsaengnim ^______^ 
Semoga bermanfaat ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar